Total Tayangan Halaman

Minggu, 22 November 2015

SOTO MADURA HOMESICK

Bahan-bahan:
Beras Putih secukupnya
2 kg Ayam
8 siung Bawang Putih
10 siung Bawang Merah
6 buah Kemiri
4 cm Kunyit
2 cm Jahe
2 batang Serai
Merica (Lada) Bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Gula Bubuk secukupnya
Minyak Goreng secukupnya
8 batang Daun Bawang
Cabai (Cabe) Rawit Merah
1 bungkus Bihun Beras
Penyedap Rasa (MSG)
1 buah Kecap Manis

Langkah:
1. Beras dicuci kemudian ditiriskan sampai kering.
2. Siapkan plastik sekiloan dan isi plastik dengan beras yang sudah dicuci dan kering tadi. Isi plastik dengan beras sepertiganya (buat lontong)
3. Sebelum dimasukkan ke Rice cooker yang sudah terisi air mendidih. Pastika kantung2 beras tadi dilubang2in. Ditusuk2 gitu. Kalo sudah baru satu atau dua kantung di masukin ke dalam Rice cooker berisi air dan rebus sampai masak.
4. Tandanya lontong sudah masak itu kalo sudah padat. Angkat dari rice cooker dan tiriskan. Tunggu sampai dingin biar benar-benar padat.
5. Berarti Lontong sudah beres, tinggal kuah soto dll. The tricky part masak bagian ini: Gmna caranya semua dimasak pakai ricecooker. Dari bikin lontong, goreng sambel dan kuahnya pakai ricecooker. Ok, Bihun di rendam di air sampai layu. Kalo sudah layu, tiriskan.
6. Ayam dan hati ayam Setelah dicuci bersih, rebus sampai masak dan kaldunya dipakai buat kuah soto.
7. Ayam yang sudah masak disuir-suir, kemudian hati ayam dipotong dadu ya! Kaldu bekas rebusan ayam tadi jangan dibuang. Itu dipakai buat kuahnya ntar ok!
8. Setelah selesai acara suir-menyuirnya :P bawang putih, bawang merah, kunyit bakar, merica, kemiri sangrai dan jahe yg semua sudah dihaluskan, tumis bareng serai yang diremukkan sampai layu dan harum.
9. Kalo sudah harum, baru masukin ke kaldu sisa rebusan ayam tadi, kalo airnya kurang,,ditambahin secukupnya. Masukin juga garam, gula secukupnya plus penyedap rasa.
10. Setelah mendidih,,,berarti sudah siap diserbu mas bro. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar