Total Tayangan Halaman

Sabtu, 28 November 2015

BAKSO TOMAT

Hai semua.. selamat pagi :-) kali ini aq mau buat bakso tp baksonya ada di dalam tomat. kebayang nggak sih??? heheee dari pada penasaran, yuk langsung kita buat aja!

Bahan Bakso Tomat :
Tomat segar Jumbo 500 gram ( lubangi tengahnya lalu keluarkan isinya )

Bahan-bahan Isian ( Bakso Urat ) :
Daging sapi giling 1/2 kilo gram
Tepung kanji 100 gram
Es batu 50 gram
Bawang putih 8 siung ( blender halus )
Telur ayam 1 butir
Lada bubuk 1 sendok teh
Kaldu ayam bubuk secukupnya
Garam Secukupnya

Bahan Pelengkap :
Bihun secukupnya
Mie kuning secukupnya
Bawang merah goreng
Saus sambal
Sambal cabai
Kecap manis
Cuka

Cara Membuat :
Langkah awal campurkan daging , es batu , kaldu , bawang putih , garam dan merica blender hingga halus . masukkan ke dalam wadah , kemudian tambahkan sedikit demi sedikit tepung tapioka , aduk terus hingga semua bahan tercampur rata . tambahkan telur , aduk kembali hingga rata . cicipi adonannya , jika di rasa ada yang kurang , silahkan tambahkan .
Untuk hasil yang maksimal , dalam mengaduk-aduk adonan bakso sebaiknya sampai 10-15 menit ya . sampai adonan terasa agak kenyal dan mudah untuk di bentuk ( tidak lembek dan tidak terlalu keras )
Selanjutnya ambil adonan dengan sendok kecil , lalu masukkan adonan bakso ke dalam buah tomat yang sudah di buang isinya hingga penuh . lakukan lagi hingga semua adonan habis .
Setelah itu rebus bakso tomat dalam rebusan air yang mendidih yang sudah di bumbui garam secukupnya . Tunggu hingga bakso matang ( ditandai dengan mengapung di permukaan air ) . angkat , tiriskan .
Untuk kuah kaldu dapat di kreasikan sendiri yah , untuk kuah sang bakso tomat . atau bisa juga klik disini untuk mengetahui cara membuat kuah bakso yang enak Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan kenyal atau Resep Membuat Bakso Ayam Enak Special Kenyal Kuah
Bakso tomat atau bakso moncrot siap untuk disajikan bersama bahan pelengkap .

Selamat mencoba,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar