Total Tayangan Halaman

Minggu, 22 November 2015

Cara Membuat Es Krim Kelapa

Santan kelapa secara alami kental dan berlemak dengan rasa seperti kacang yang lezat. Saat dicampurkan dengan gula dan vanila kemudian dibekukan, santan kelapa akan menjadi sajian menyerupai krim dengan sedikit rasa daerah tropis. Anda bisa membuat es krim kelapa tradisional dengan susu dan telur, atau mencoba versi tanpa susu yang sama lezatnya seperti es krim biasa. Kedua versi bisa dibuat dengan atau tanpa alat pembuat es krim.

Bahan
Es Krim Kelapa Tradisional
1 cangkir susu
1 cangkir heavy cream
1 cangkir santan kelapa
4 butir kuning telur
3/4 cangkir gula
1/2 sendok teh ekstrak vanila
1/4 sendok teh garam
Es Krim Kelapa Tanpa Susu
3 1/2 cangkir santan kelapa (2 kaleng)
1/2 cangkir gula
1 sendok teh ekstrak vanila

Metode 1 dari 3:
Es Krim Kelapa Tradisional

1
Didihkan susu perlahan-lahan. Letakkan susu, heavy cream dan santan kelapa di dalam panci menggunakan api sedang. Panaskan susu hingga campurannya berbuih. Jangan sampai campuran ini mendidih seluruhnya. Angkat panci dari kompor.
Catatan untuk santan kelapa: pilihlah santan kelapa berlemak tinggi, dan jangan yang berlemak rendah, untuk mendapatkan rasa yang terbaik. Bedakan antara santan kelapa dengan krim kelapa, karena kedua produk ini berbeda. Santan kelapa yang memisah selama penyimpanan adalah hal yang normal, sendokkan ke dalam panci dan campurkanlah untuk menyatukannya kembali.

2
Kocok telur, gula dan garam. Dalam mangkuk terpisah, campurkan telur, garam dan gula dengan pengocok telur. Aduk hingga gula melarut dan campuran ini menjadi ringan, lembut dan berwarna kuning pucat. [1]

3
Masukkan susu ke dalam campuran telur perlahan-lahan. Tuangkan campuran susu yang masih panas dengan perlahan ke dalam adonan telur sambil terus mengaduk adonan di dalam mangkuk dengan tangan Anda yang lain. Jika Anda menuangkan terlalu cepat atau tidak mengaduknya terus-menerus, cairan panas bisa membuat telur menjadi matang. Tuangkan dengan aliran perlahan terus-menerus sambil mengaduknya.

4
Panaskan adonan untuk mengentalkannya. Letakkan adonan kembali ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang. Aduk terus-menerus sambil menunggu adonan matang perlahan dan mulai mengental. Saat adonan sudah cukup kental untuk melapisi bagian belakang sendok Anda, maka adonan es krim sudah siap. Waktu yang diperlukan biasanya adalah sekitar 10 menit.
Jangan memasak adonan terlalu cepat, atau teksturnya akan rusak. Masak dengan perlahan sambil terus mengaduk hingga lembut dan kental.

5
Dinginkan adonan. Tuangkan ke dalam mangkuk dan masukkan ke dalam mangkuk yang lebih besar berisi air es. Aduk setiap beberapa saat dan biarkan dingin seluruhnya sebelum Anda bekukan.

6
Bekukan es krim. Tuangkan puding es ke dalam alat pembeku es krim dan bekukan sesuai dengan petunjuk penggunaannya. Dalam sebagian besar kasus Anda akan diminta untuk memasukkan puding es krim ke dalam alat pembeku selama beberapa jam hingga memadat dan dapat disendok,
Jika Anda tidak memiliki alat pembuat es krim, bekukan dengan cara sebagai berikut: tuangkan puding es krim yang dingin ke dalam loyang panggangan yang dangkal. Tutup dengan pembungkus plastik dan bekukan selama 45 menit, kemudian buka pembungkusnya dan aduk puding es krim untuk memasukkan udara ke dalamnya. Bungkus kembali, masukkan ke dalam freezer dan ulangi setiap 45 menit hingga adonan membeku dan dapat disendok. Semakin sering Anda mengaduk, maka akan semakin ringan dan halus es krim buatan Anda.

Metode 2 dari 3:
Es Krim Kelapa Tanpa Susu

1
Blender semua bahan. Masukkan santan kelapa, gula dan vanila ke dalam blender. Blender semuanya hingga lembut dan seperti krim. Cicipi campuran ini dan tambahkan sedikit gula atau vanila lagi jika Anda suka. [2]
Catatan tentang santan kelapa: rasa terbaik es krim akan Anda dapatkan dengan menggunakan santan kelapa tinggi lemak. Pastikan untuk menggunakan santan kelapa dan bukan krim kelapa, yang merupakan produk yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar